SILABUS
MATA KULIAH METODOLOGI STUDI ISLAM (MSI)
DOSEN : JUJUN JUHANDA, S.Sos.I, M.M.Pd.
A. INFORMASI UMUM
Nama Mata Kuliah :
Metodologi Studi Islam (MSI)
Kode Mata Kuliah : STAINU-1107
Program Studi : S-1
Bobot SKS : 3 SKS (14 Kali
Pertemuan)
B. DESKRIPSI
Mata kuliah Metodologi Studi
Islam adalah untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman metodologi dalam
mengkaji Islam dan berbagai aspeknya, baik sebagai ajaran, institusi sosial
maupun budaya yang memungkinkan mahasiswa STAINU berwawasan luas dan mampu
memahami dan menjelaskan Islam secara ilmiah dan toleran.
C. STANDAR KOMPETENSI
Peserta didik memiliki
pemahaman tentang landasan ontologis, sejarah perkembangan Metodologi Studi
Islam dan memahami beberapa metode dan pendekatan ilmiah serta mampu menggunakanya
dalam pengkajian Islam.
D. KOMPETENSI DASAR
D. KOMPETENSI DASAR
Peserta didik mampu memahami
dan mempunyai gambaran integral dan sikap ilmiah dalam mengkaji aspek-aspek
agama Islam, baik ajaran, institusi sosial maupun budaya dengan menggunakan
berbagai metode dan pendekatan yang sesuai serta menerapkannya dalam pengkajian
tematik.
E. POKOK BAHASAN
E. POKOK BAHASAN
1. Pengertian dan Lingkup
Studi Islam
2. Sumber dan Karakteristik
Islam
3. Normativitas dan
Historisitas dalam Studi Islam
4. Manusia dan Kebutuhan
Doktrin Agama
5. Metodologi Pemahaman
Islam di Indonesia
6. Studi Islam
Interdisipliner
7. Berbagai Pendekatan Studi
Islam
a. Pendekatan Teologis
Normatif
b. Pendekatan Antropologis
c. Pendekatan Historis
d. Pendekatan Politis
8. Berbagai Pendekatan Studi
Islam
a. Pendekatan Filosofis
b. Pendekatan Historis
c. Pendekatan Semiotika
d. Pendekatan Fenomenologis
9. Aneka Metodologi Studi
Islam
a. Metodologi Ulumul Tafsir
b. Metodologi Ulumul Hadits
c. Metodologi Fiqh
d. Metodologi Tasawwuf
e. Metodologi Filsafat
10. Aneka Metodologi Studi
Islam
a. Metodologi Pemikiran
Modern
b. Metodologi Pendidikan
Islam
c. Metodologi Tekstualitas
dan Kontekstualitas
d. Metodologi Muqaranah
Madzhab
F. REFERENSI POKOK
• Abd. Rachman Assegaf,
Studi Islam Kontekstual.
• Abdur Razak, Cara memahami
Islam.
• Abuddin Nata, Metodologi
Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998.
• Ahmad Abdul Hamid Ghurab, Menyingkap Tabir Orientalisme, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993.
• Ahmad Abdul Hamid Ghurab, Menyingkap Tabir Orientalisme, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993.
• Ahmad Norma Permata,
Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
• Ahmad Sahidin,
Aliran-Aliran dalam Islam, Bandung: Salamadani, 2009.
• Alfatun Muchtar. Tunduk
Kepada Allah: Fungsi dan Peran Agama dalam Kehidupan Manusia.
• Ali Syari’ati, Sosiologi Islam.
• Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999.
• Amin Abdullah, Studi Agama;Normatifitas dan Historisitas
• Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949.
• Fazlur Rahman, Islam
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
• Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
• M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta
• M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
• M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
• M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu.
• Marsahl G. Hudgson, The Ventura or Islam, Vol.III, New York, The Unwim University Chicago Press, 1974.
• Maryam Jamilah, Islam dan Orientalisme, Sebuah Kajian Analitik, Terj. Machnun Husein, Jakarta: Rajawalipers, 1994.
• Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980
• Muh. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam
• Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.
• Muhammad Atho` Muzhar, Metode Pendekatan dalam Studi Islam.
• Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
• Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
• Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
• Munawi Sadzali, Islam dan Tatanegara
• Muyoo Sumardi, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran
• Narudin Razak, Dienul Islam, Bandung, PT. Ma’arif,1996
• Nasikun, Pokok-pokok Agama Islam.
• Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992.
• Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
• W. Mongemory Watt, Pengantar Studi Al Qur’an
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.
G. SISTEM PERKULIAHAN
1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi
• Ali Syari’ati, Sosiologi Islam.
• Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999.
• Amin Abdullah, Studi Agama;Normatifitas dan Historisitas
• Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949.
• Fazlur Rahman, Islam
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
• Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
• M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta
• M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
• M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
• M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu.
• Marsahl G. Hudgson, The Ventura or Islam, Vol.III, New York, The Unwim University Chicago Press, 1974.
• Maryam Jamilah, Islam dan Orientalisme, Sebuah Kajian Analitik, Terj. Machnun Husein, Jakarta: Rajawalipers, 1994.
• Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980
• Muh. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam
• Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.
• Muhammad Atho` Muzhar, Metode Pendekatan dalam Studi Islam.
• Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
• Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
• Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
• Munawi Sadzali, Islam dan Tatanegara
• Muyoo Sumardi, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran
• Narudin Razak, Dienul Islam, Bandung, PT. Ma’arif,1996
• Nasikun, Pokok-pokok Agama Islam.
• Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992.
• Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
• W. Mongemory Watt, Pengantar Studi Al Qur’an
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.
G. SISTEM PERKULIAHAN
1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi
persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.
2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi
2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi
dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata
kuliah.
Dalam presentasi makalah diperbolehkan menggunakan alat bantu LCD
dengan menyajikan
presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan
point-point makalah. Khusus untuk slide power point dibuat oleh perwakilan
kelompok. Mahasiswa juga diperbolehkan menggunakan metode active learning
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Makalah Kelompok
• Membuat makalah dengan format tema :
3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Makalah Kelompok
• Membuat makalah dengan format tema :
Kelompok 1 : Normativitas dan
Historisitas dalam Studi Islam
Kelompok 2 : Manusia dan Kebutuhan
Doktrin Agama
Kelompok 3 : Metodologi Pemahaman
Islam di Indonesia
(minimal
10 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku
referensi)
disertai dengan halaman sampul dan biodata mahasiswa masing-masing kelompok
• Dikumpulkan pada Sabtu 5 November 2011 dalam bentuk hard copy untuk selanjutnya di-layout
• Dikumpulkan pada Sabtu 5 November 2011 dalam bentuk hard copy untuk selanjutnya di-layout
menjadi BUKU yang selanjutnya digunakan dalam
semua sesi perkuliahan
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab yang dijadikan rujukan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: kangdjoen@gmail.com
• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa.
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab yang dijadikan rujukan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: kangdjoen@gmail.com
• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa.
b. Tugas Individu (Mid Semester)
• Membuat makalah dengan thema memilih dari pokok bahasan di atas
• Membuat makalah dengan thema memilih dari pokok bahasan di atas
(pokok bahasan non kelompok)
• Tugas dikerjakan secara individu dan dikumpulkan 30 November 2011 dalam bentuk hard copy
• Tugas harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail:
kangdjoen@gmail.com
H. SISTEM EVALUASI
Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10% dengan minimal (7 x tatap muka di kelas)
b. Tugas Kelompok & Individu 10%
c. Keaktifan dalam Kelas 10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%
nuhun kang .........ngabantos pisan informasina
ReplyDelete