Selamat Datang di Blog Kang Djoen 'berbagi untuk negeri'

Saturday, October 22, 2011

Pokok Bahasan MSI

SILABUS MATA KULIAH METODOLOGI STUDI ISLAM (MSI)

DOSEN : JUJUN JUHANDA, S.Sos.I, M.M.Pd.

A. INFORMASI UMUM
Nama Mata Kuliah : Metodologi Studi Islam (MSI)
Kode Mata Kuliah  : STAINU-1107
Program Studi         : S-1
Bobot SKS              : 3 SKS (14 Kali Pertemuan)

B. DESKRIPSI
Mata kuliah Metodologi Studi Islam adalah untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman metodologi dalam mengkaji Islam dan berbagai aspeknya, baik sebagai ajaran, institusi sosial maupun budaya yang memungkinkan mahasiswa STAINU berwawasan luas dan mampu memahami dan menjelaskan Islam secara ilmiah dan toleran.

C. STANDAR KOMPETENSI
Peserta didik memiliki pemahaman tentang landasan ontologis, sejarah perkembangan Metodologi Studi Islam dan memahami beberapa metode dan pendekatan ilmiah serta mampu menggunakanya dalam pengkajian Islam.

D. KOMPETENSI DASAR
Peserta didik mampu memahami dan mempunyai gambaran integral dan sikap ilmiah dalam mengkaji aspek-aspek agama Islam, baik ajaran, institusi sosial maupun budaya dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan yang sesuai serta menerapkannya dalam pengkajian tematik.

E. POKOK BAHASAN
1. Pengertian dan Lingkup Studi Islam
2. Sumber dan Karakteristik Islam
3. Normativitas dan Historisitas dalam Studi Islam
4. Manusia dan Kebutuhan Doktrin Agama
5. Metodologi Pemahaman Islam di Indonesia
6. Studi Islam Interdisipliner
7. Berbagai Pendekatan Studi Islam
    a. Pendekatan Teologis Normatif
    b. Pendekatan Antropologis
    c. Pendekatan Historis
    d. Pendekatan Politis
8. Berbagai Pendekatan Studi Islam
    a. Pendekatan Filosofis
    b. Pendekatan Historis
    c. Pendekatan Semiotika
    d. Pendekatan Fenomenologis
9. Aneka Metodologi Studi Islam
    a. Metodologi Ulumul Tafsir
    b. Metodologi Ulumul Hadits
    c. Metodologi Fiqh
    d. Metodologi Tasawwuf
    e. Metodologi Filsafat
10. Aneka Metodologi Studi Islam
    a. Metodologi Pemikiran Modern
    b. Metodologi Pendidikan Islam
    c. Metodologi Tekstualitas dan Kontekstualitas
    d. Metodologi Muqaranah Madzhab

F. REFERENSI POKOK
• Abd. Rachman Assegaf, Studi Islam Kontekstual.
• Abdur Razak, Cara memahami Islam.
• Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998.
• Ahmad Abdul Hamid Ghurab, Menyingkap Tabir Orientalisme, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993.
• Ahmad Norma Permata, Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
• Ahmad Sahidin, Aliran-Aliran dalam Islam, Bandung: Salamadani, 2009.
• Alfatun Muchtar. Tunduk Kepada Allah: Fungsi dan Peran Agama dalam Kehidupan Manusia.
• Ali Syari’ati, Sosiologi Islam.
• Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999.
• Amin Abdullah, Studi Agama;Normatifitas dan Historisitas
• Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949.
• Fazlur Rahman, Islam
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
• Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
• M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta
• M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
• M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
• M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu.
• Marsahl G. Hudgson, The Ventura or Islam, Vol.III, New York, The Unwim University Chicago Press, 1974.
• Maryam Jamilah, Islam dan Orientalisme, Sebuah Kajian Analitik, Terj. Machnun Husein, Jakarta: Rajawalipers, 1994.
• Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980
• Muh. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam
• Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.
• Muhammad Atho` Muzhar, Metode Pendekatan dalam Studi Islam.
• Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
• Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
• Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
• Munawi Sadzali, Islam dan Tatanegara
• Muyoo Sumardi, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran
• Narudin Razak, Dienul Islam, Bandung, PT. Ma’arif,1996
• Nasikun, Pokok-pokok Agama Islam.
• Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992.
• Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
• W. Mongemory Watt, Pengantar Studi Al Qur’an
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.

G. SISTEM PERKULIAHAN
1. Ceramah
    Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi  
    persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.
2. Presentasi
   Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi  
   dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah.   
  Dalam presentasi makalah diperbolehkan menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan 
  presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dibuat oleh perwakilan kelompok. Mahasiswa juga diperbolehkan menggunakan metode active learning sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Makalah Kelompok
• Membuat makalah dengan format tema : 
   Kelompok 1 : Normativitas dan Historisitas dalam Studi Islam
   Kelompok 2 : Manusia dan Kebutuhan Doktrin Agama
   Kelompok 3 : Metodologi Pemahaman Islam di Indonesia
  (minimal 10 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku referensi)   
  disertai dengan halaman sampul dan biodata mahasiswa masing-masing kelompok
• Dikumpulkan pada Sabtu 5 November 2011 dalam bentuk hard copy untuk selanjutnya di-layout 
   menjadi BUKU yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab yang dijadikan rujukan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: kangdjoen@gmail.com
• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa. 
b. Tugas Individu (Mid Semester)
• Membuat makalah dengan thema memilih dari pokok bahasan di atas 
  (pokok bahasan non kelompok)
• Tugas dikerjakan secara individu dan dikumpulkan 30 November 2011 dalam bentuk hard copy
• Tugas harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: kangdjoen@gmail.com

H. SISTEM EVALUASI
Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10% dengan minimal (7 x tatap muka di kelas)
b. Tugas Kelompok & Individu 10%
c. Keaktifan dalam Kelas 10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%

1 comment:

Tolong commentnya berhubungan dengan artikel yang ditulis